Senin, 21 Desember 2009

MALANGKU INDAH

http://sandynata.files.wordpress.com/2009/12/blogfest-peserta-160.jpg
Peta Malang
Foto : Dari Berbagai Sumber

Lihat gambar ukuran penuh       Aku dilahirkan di kota malang, meskipun bukan kotanya dan hanya masuk kabupaten malang, tapi aku bangga menjadi bagian dari "Malang" yang punya beragam wisata, budaya, kuliner, olahraga terutama sepak bola dan masih banyak lagi. Malang adalah daerah no 2 di Jawa Timur setelah Surabaya. Di Malang banyak sekali keindahan alam, mulai dari pantai, air terjun, kebun teh, agrowisata, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini sekilas tentang keindahan dan keragaman kota malang.

  Pantai Balekambang
Foto : Melly Trifosa + David
         Dimulai dari Malang Selatan, disana banyak terdapat pantai mulai dari pantai Pasir Putih di daerah Pujiharjo-Dampit, Pantai Sendang Biru di daerah Sumber manjing Wetan yang terkenal dengan Pulau sempu dan hasil tangkapan ikan. Sebelah selatan ada juga Pantai Balekambang yang banyak dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar kota. Di pantai ini juga terdapat Pura yaitu tempat ibadah bagi umat Hindu. Pantai ini terletak di Desa Srigonco Kecamatan Bantur. Di daerah Barat ada juga pantai Ngliyep, yaitu pantai dengan ombak ganas. Dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya yang belum begitu terkenal seperti pantai Wonogoro, Bajul Mati dan lain-lain.

        Di sebelah Barat Kepanjen, tepatnya di desa Wonosari kecamatan Wonosari, ada satu daerah yang dinamakan Gunung Kawi. Konon disana ada sebuah makam dari mbah Djoego dan mbah Sujo. Banyak sekali pengunjung yang berziarah di makam-makam tersebut baik dari dalam maupun luar kota  bahkan dari luar pulau Jawa terutama pada hari-hari menurut pasaran jawa, biasanya malam jumat legi, minggu legi, senin pahing, dan bulan syuro terutama 12 syuro.
Tidak sedikit pengunjung yang datang untuk mencari berkah, sehingga gunung kawi terkenal dengan mitos tempat mencari pesugihan. Tetapi ada juga yang datang hanya untuk sekedar jalan-jalan menikmati suasana gunung, dan ada juga yang datang khusus untuk melestarikan budaya Jawa karena disana budaya jawa masih kental terlihat, dengan banyaknya ritual kejawen yang sering dilakukan oleh aktifis-aktifis budaya Jawa dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu Bunga di malang


Malang juga dikenal sebagai kota bunga dengan sebutan MAKOBU. Terdapat berbagai macam jenis buanga, mulai bunga hias sampai bunga budidaya. Bunga banyak terdapat di daerah tengah kota, yang ditanam disamping untuk memperindah kota malang, juga sebagai paru-paru kota yang dapat memperkecil polusi udara yang disebabkan asap-asap kendaraan bermotor, disamping tanaman-tanaman lainnya yang mempersejuk dan mempercantik kota malang.


             Malang juga dikenal sebagai kota pelajar. Banyak sekali sekolah-sekolah dan kampus-kampus Terkenal di malang. Pelajar-pelajar dan mahasiswa-mahasiswanya tidak hanya berasal dari dalam kota malang, tapi banyak juga yang berasal dari luar kota malang bahkan dari luar pulau. Maka tak heran bila malang mendapat gelar kota pelajar.

          Sebelah barat kota malang terdapat kota dingin Batu.merupakan daerah yang kaya akan pariwisata. Hal ini disebabkan hawa di daerah ini sangat dingin, sehingga sangat cocok untuk tempat peristirahatan dan liburan bersama keluarga dan teman-teman.. Bila berkunjung ke daerah Batu tak perlu bingung mencari tempat menginap, karena disana banyak terdapat villa-villa dengan harga yang terjangkau.

BNS ( Batu Night Square)
Di Batu juga terdapat tempat-tempat wisata baik yang modern ataupun yang masih alami. Yang modern misalnya : Jawa Timur Park (Jatim Park), Bns (Batu Night Square), Songgoriti, dan lain-lain.





                                                                         Coban Rondo
Ada juga tempat wisata alam berupa air terjun, yaitu : coban rondo, coban Pelangi, dan lain-lain.








                                                                                                                            Tempat berhawa dingin pula yang membuat tanaman apel dan tanaman-tanaman lain tumbuh subur di kota ini, yang kemudian dikembangkan menjadi agrowisata, misalnya : agrowisata apel, jeruk, jambu, stroberi dan lain-lain.

Kebun Teh Wonosari

          Masih ada lagi tempat wisata yang tak kalah seru dari kota Batu yaitu kebun teh wonosari.Udara segar di sela-sela tanaman teh menambah sejuk suasana liburan anda bersama keluarga. Selain berwisata, disini teman-teman juga bisa melihat proses pengolaha teh, mulai dari memetik, mengolah dan membungkus. Bahkan yang sudah siap diseduh pun juga banyak dijual disini.



                           
           Selain tempat wisata, ada juga peninggalan sejarah di kota malang  yang  berupa candi, yaitu Candi Singosari, yang terletak di Desa Candirenggo Kecamatan Singosari dan Candi Kidal di daerah Tumpang.
Candi Singosari dan Candi Kidal adalah peninggalan kerajaan Singosari. Sayangnya candi-candi ini  tidak sepopuler seperti candi-candi di jawa Tengah.

Foto : Imam syafi'i                                                                  
            
                                                
           Yang tak bisa dilepaskan dari kota Malang adalah Olah raganya terutama Sepak Bola. Dengan 2 kesebelasan yang tak bisa diremehkan yaitu AREMA dan PERSEMA. Mereka adalah 2 kesebelasan andalan kota Malang. Arema yang dijuluki Singo Edan dengan suporter fanatik Aremania dan Persema yang dijuluki Laskar Ken Arok dengan suporter fanatik Ngalamania.



          Soal kuliner, yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke kota malang adalah Bakso Malang, yang sudah terkenal di indonesia. Ada juga bakso Bakar. Tempe malang juga sangat diminati warga luar kota malang. Dan masih banyak lagi makanan dan jajanan yang enak-enak di kota malang.
Selain itu ada juga kuliner ekstrim di kota malang misalnya : sate kuda, dan makanan yang berasal dari ular yang berada di daerah Singosari.

          Bila berkunjung ke kota malang, jangan lewatkan juga untuk mampir membeli oleh-oleh khas kota malang, disamping buah apel tentunya.
Salah satunya yaitu Bakpao Telo di daerah Lawang,  yang menjual bakpao dan makanan lain yang berbahan ketela rambat, dan juga oleh2 ditempat lainnya.


        Nah..bila ingin tahu lebih banyak tentang kota Malang, silakan berkunjung ke kota Malang, jangan lupa untuk singgah di tempat-tempat wisatanya dan membawa oleh-oleh khas dari kota Malang.


Related Posts by Categories



7 komentar:

  1. wah-wah ulasan tentang kota malang benar-benar lengkap

    BalasHapus
  2. Oleh-oleh khas malang ada ga ? terus kerajina khas malang apa ya ? hehe

    ~Upid Melly~

    BalasHapus
  3. Hidup malank...Hidup arema..

    *yulvia*

    BalasHapus
  4. Salam kenal,
    Lengkap sekali artikelnya..
    Nice posting... Selamat berkompetisi

    BalasHapus
  5. hidup arema !!!!!
    - warung arema ...
    hehehehe ... ^^
    laen kali nek mudek nggowo ole2h ya ...
    ben ngerti kuliner nya malang :D

    BalasHapus
  6. @m.andre n yulvia : matur suwun

    @kelirirenk : salam kenal juga n slamat berkompetisi too.

    @melly n ulia : huh...kalian ni..yang ada dibenaknya cuma kuliner dan oleh-oleh.. :D

    BalasHapus
  7. waaaaaa sayang aku nank batu e tapi not bad la .......

    BalasHapus