Rabu, 20 Januari 2010

SEKATEN

           Apaan tuh sekaten..?? Mungkin diantara teman-teman ada yang gak tau lo dengan yang namanya sekaten..harap maklum dweh..soalnya  bukan orang yogya..hehe.
Bagi yang blom tau..nih..tak kasih bocorannya..!! Sekaten tuh atau biasanya disebut  "Grebeg Maulud", yaitu acara dalam rangka menghormati kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. yang dilaksanakan di Yogyakarta. Biasanya diselenggarakan pada tangal antara tgl 5-12 bulan maulud dan menjadi kegiatan wajib bagi masyarakat kota gudeg ini sebagai awalan menyambut maulid nabi.


           Beragam budaya ditampilkan dalam acara ini, diantaranya : iring-iringan gamelan menuju Masjid Agung Yogyakarta, yang dikawal Abdi Dalem Jajar beserta prajurit keraton berseragam lengkap. Sehingga acara yang digelar tiap tahun ini menjadi acara yang ditunggu-tunggu bagi wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Pengin liat juga kan..???                                                                                              

           Keunikan dari acara ini yaitu kemeriahan acara dan keindahan busana beserta aksesorisnya, misalnya ornamen menarik dan artistik,  tak lupa juga keris sebagai pusaka dan senjata sekaligus penghias seragam prejurit kraton Yogyakarta. Selain itu yang paling ditunggu-tunggu pengunjung adalah Gunungan yang terbuat dari sayuran dan penganan atau makanan yang dipercaya sebagai berkah bagi rakyat yang akan "diperebutkan"  seusai acara. Telur merah juga terdapat dalam gunungan itu dan diyakini akan menambah rejeki bagi yang mengkonsumsinya.

         Dalam acara ini, musik bernuansa jawa atau biasanya disebut gamelan selalu meneyertai setiap langkah prajurit Yogya saat berparade.
Disepanjang acara itu juga akan dijumpai banyak nenek-nenek penjual sirih, karena sirih dipercaya akan menambah usia jika dikunyah sambil mendengarkan gamelan sekaten.

Artikel : Dari Berbagai Sumber

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar