Minggu, 17 Januari 2010

5 CARA CEGAH SERANGAN JANTUNG

           Penyakit jantung, terutama jantung koroner merupakan salah satu penyebab utama kematian pria dan wanita di Indonesia. Karena itu penyakit ini menjadi momok yang menakutkan. Namun, sebenarnya penyakit jantung koroner dapat dicegah menggunakan cara berikut ini :

 1. OLAH RAGA TERATUR.
            Kurang berolahraga memudahkan datangnya serangan jantung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa olah raga teratur membantu melindungi tubuh dari serangan jantung.
Melatih fisik tidak perlu terlalu keras, misalnya: aerobik paling sedikit 5 kali seminggu, jalan kaki, bersepeda dan jogging  yang dilakukan teratur minimal 30 menit setiap latihan. Sebaiknya hindari olah raga yang berlebihan karena dapat menambah beban jantung, karena tidak baik bagi mereka yang mempunyai riwayat penyakit jantung.

2. HINDARI MAKANAN BERLEMAK
            Makanan berlemak tinggi dapat meningkatkan tingginya kadar kolesterol dalam darah, yang bisa memudahkan terjadinya sumbatan dan serangan jantung. Misalnya : goreng-gorengan, susu berlemak tinggi dan sea food.

3.KONTROL TEKANAN DARAH.
            Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terhadap serangan jantung karena pembuluh darah arteri menjadi rusak bila darah dipompa dengan tekanan tinggi dalam jangka waktu bertahun- tahun. Dan bila pembuluh arteri  rusak, akan menyampit dan memudahkan terjadinya pembekuan, sehingga peredaran darah tersumbat dan timbulah serangan jantung. Bila anda penderita hipertensi, rajinlah memeriksa tekanan darah.

4. HINDARI KEGEMUKAN.
              Kegemukan sering menimbulkan masalah  kesehatan misalnya : hipertensi dan tingginya kolesterol yang memicu serangan jantung, selain itu kencing manis dan stroke. Bila sudah terlanjur gemuk lakukan diet dengan cara sehat dan rajin berolah raga.

5. HINDARI ROKOK.
              Merokok bisa merusak dinding pembuluh darah terutama pembuluh darah arteri yang memasukan racun yang dihisap pada saat merokok. Merokok juga bisa menurunkan HDL (High Density Lipoprotein), yaitu kadar kolesteol yang sifatnya baik. Perokok berisiko dua kali lipat mengalami serangan jantung dibanding bukan perokok.Karena itulah hindari merokok..!!

Artikel : Dari Berbagai Sumber

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar