Senin, 01 Februari 2010

BAHAYA BOTOL PLASTIK

           Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik (Aqua, VIT , Mizone, dan semua merk minuman yang mempunyai kemasan plastik yang sering digunakan sebagai tempat air minum) dan menaruhnya di mobil atau di kantor.
Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (disebut juga sebagai polyethyleneterephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA). 

         Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. 
Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botol plastik. 

        Selain itu, air dalam botol plastik di mobil Anda, juga sangat berbahaya!!! ! Hal ini telah diidentifikasikan sebagai penyebab paling utama pada kanker payudara, terutama di Australia . Dokter berkata bahwa hawa panas yang memanaskan bahan plastik dalam botol memiliki bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker payudara. 
Hawa panas dapat menyebabkan toksin/racun dari plastik menjadi bocor dan bercampur  dengan air dan mereka telah menemukan racun ini pada jaringan payudara. Sebisa mungkin gunakan gelas stainless steel atau botol kaca.

Note: 
Jangan pernah membuat minuman panas dengan gelas plastik. Karena saat anda menuangkan air panas ke gelas tersebut senyawa dari plastic tersebut ikut larut bersama air. Dan saat diminum anda pasti akan merasakan sedikit pusing2.

Artikel : Dari berbagai sumber

Related Posts by Categories



1 komentar:

  1. untunglah jarang minum dari botol plastik. Pake botol kaca yg memang bisa dipake berulang2..

    BalasHapus